Kamis, 09 September 2010

Tahukah Anda? Dajjal sudah muncul di sekitar kita.. (Mengenal Dajjal)

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh..

Pagi ini, saya akan mengukapkan cerita mengenai Dajjal dan pasukannya yang sebenarnya sudah ada di dunia ini.. Sebagai pembuka, saya akan menjelaskan siapa itu Dajjal..

Dajjal itu adalah manusia berketurunan Yahudi.. Dia bukanlah jin ataupun makhluk lain, tapi dia adalah manusia yang ajalnya di tangguhkan.. Ayahnya Dajjal adalah seorang dukun Yahudi atau "Syaqq" yang memiliki badan tinggi, gemuk, dan memiliki hidung yang bagaikan paruh burung.. Sedangkan ibunya adalah dari bangsa jin yang memiliki badan gemuk dan hidup di jaman Nabi Sulaiman AS.. Oleh Nabi Sulaiman AS, dia ditangkap dan dipenjarakan..

 Seperti yang di Hadiskan Rasulullah, Dajjal adalah orang yang mata sebelah kirinya buta, memiliki rambut lebat, dan memiliki Surga dan Neraka.. Surganya adalah Neraka dan Nerakanya adalah Surga.. Ada ciri lain yang pernah di hadiskan Rasulullah, diantaranya Dajjal terlihat seperti masih muda, berbadan besar dan agak kemerah-merahan, dan rambutnya yang keriting tebal..

Namun ada dua ciri-ciri Dajjal yang paling menonjol, yaitu.. Pertama, mata sebelah kirinya yang buta terlihat seperti buah kismis kecut dan mata sebelah kanannya keluar kehijau-hijauan yang berkelip-kelip layaknya bintang.. Atau dengan kata lain, kedua mata Dajjal itu cacat.. Kedua : Di dahi terdapat tulisan "Kafir" (Ka-Fa-Ra).. Pastinya itu bisa dibaca seluruh umat Islam.. Menurut Hadist Riwayat Al-Thabrani, kedua tanda ini akan ada pada diri Dajjal setelah ia mengaku sebagai Tuhan..


Seperti yang diriwayatkan dalam kitab "Shahih Muslim", Dajjal itu sudah ada sejak lama.. Tapi ia dirantai di sebuah pulau dan ditunggu oleh seekor hewan yang bernama "Al-Jassasah".. Dari riwayat itu, bisa disimpulkan bahwa Dajjal itu sudah ada dan menunggu masa yang diizinkan oleh Allah SWT untuk menjelajahi muka bumi.. Dan tempat perjalanannya itu ada di Timur, bukanlah di Barat..


Dajjal memulai hidupnya untuk menyebarkan ajaran sesatnya selama 40 hari saja.. Satu hari pertama itu seperti setahun, hari kedua sama seperti sebulan, dan hari ketiga bagaikan seminggu.. Kemudian dilanjutkan 37 hari sisanya seperti hari-hari biasa.. Dalam riwayat Muslim, ada disebutkan : Kami bertanya : "Wahai Rasulullah ! Berapa lamakah ia akan tinggal di muka bumi ini?".. Nabi SAW, menjawab : "Ia akan tinggal selama empat puluh hari.. Hari yang pertama seperti setahun dan hari berikutnya seperti sebulan dan hari ketiga seperti seminggu.. Kemudian hari yg masih tinggal lagi ( yaitu 37 hari ) adalah sama seperti hari kamu yg biasa".. Lalu kami bertanya lagi : "Wahai Rasulullah SAW ! Di hari yg panjang seperti setahun itu, apakah cukup bagi kami hanya sembahyang sehari saja ( yaitu 5 waktu saja )".. Nabi saw menjawab: "Tidak cukup.. Kamu mesti mengira hari itu dengan menentukan kadar yg bersesuaian bagi setiap sembahyang.."

Maksud Sabdaan Rasulullah SAW, ini adalah supaya kita mengira jam yang berlalu pada hari itu. Bukan mengikut perjalanan matahari seperti biasanya kita lakukan.. Misalnya sudah berlalu tujuh jam selepas Shalat Shubuh pada hari itu maka masuklah waktu Shalat Dzuhur, maka hendaklah kita Shalat Dzuhur, dan apabila ia telah berlalu selepas Shalat Zohor itu tiga setengah jam misalnya, maka masuklah waktu Ashar, maka wajib kita Shalat Ashar.. Begitulah seterusnya waktu Shalat Maghrib, Isya dan Shubuh seterusnya hingga habis hari yg panjang itu sama panjangnya dengan masa satu tahun dan bilangan sembahyang pun pada sehari itu sebanyak bilangan sembahyang setahun yang kita lakukan.. Begitu juga pada hari Kedua dan ketiga..

Fitnah-fitnah Dajjal

Dajjal diberikan Allah peluang untuk menguji Umat Islam.. Oleh karena itu, Allah memberikannya kemampuan yang luar biasa.. Diantaranya :

1. Segala kesenangan hidup ada bersamanya.. Benda-benda mati pun mematuhinya.. Sebelum Dajjal datang, Umat Islam diuji Allah dengan musim kemarau yang terjadi selama 3 tahun.. Pada tahun pertama, hujan akan berkurang 1/3 dari hujan biasa pada setahun.. Tahun kedua berkurang 2/3 dan tahun ketiga hujan tidak akan turun secara langsung.. Disana Dajjal muncul dengan membawa ujian.. Di daerah yang percaya pada Dajjal, maka hujan turun dan menyuburkan tanaman serta ternak disana.. Ekonomi dan perdagangan akan semakin baik dan stabil untuk orang yang bersekutu kepada Dajjal.. Sedangkan yang tidak bersekutu, akan mendapatkan cobaan kesusahan..

Diriwayatkan, Dajjal akan memiliki segunung roti atau makanan.. Sedangkan orang yang tidak percaya Dajjal akan menderita kelaparan.. Dalam hal ini, para sahabat Rasullullah SAW. bertanya : "Jadi apa yang dimakan oleh orang Islam yang beriman pada hari itu wahai Rasulullah?".. Nabi menjawab : "Mereka akan merasa kenyang dengan bertahlil, bertakbir, bertasbih dan bertaubat.. Jadi zikir-zikir itu yang akan menggantikan makanan." H.R Ibnu Majah..

2. Surga dan Neraka akan bersama Dajjal.. Dajjal akan menggunakan kedua ini untuk menguji iman Umat Islam dengan mengatakan yang sebaliknya.. Sebenarnya yang dikatakan Surga itu adalah Neraka dan yang dikatakan Neraka itu adalah Surga..

3. Cepatnya Dajjal menjelajahi muka bumi ini.. Kecepatan ini tidak seperti yang dimiliki orang-orang dahulu.. Apabila di bandingkan dengan masa saat ini, contoh kecepatan itu adalah pesawat tempur dan helikopter yang sangat cepat.. Jadi jarak beribu-ribu kilometer dapat ditempuh dalam waktu satu jam.. Kami bertanya : "Wahai Rasulullah ! Bagaimana kepantasan perjalanannya diatas muka bumi ini?" Nabi menjawab : "Kepantasan perjalanannya adalah seperti kepantasan "Al Ghaist" (hujan atau awan) yang dipukul oleh angin yang kencang." H.R Muslim.. Tapi walau begitu, Dajjal tetap tidak bisa memasuki dua bandar suci milik Umat Islam, yaitu Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawwarah..

4. Setan-setan akan memberikan bantuan pada Dajjal.. Dan inilah masa yang terbaik bagi Dajjal untuk menyesatkan anak cucu Adam AS..

Itulah penjelasan dan perkenalan dengan manusia yang bernama Dajjal itu.. Semoga kita semua dapat berlindung di bawah lindungan Allah dan tetap berjalan di jalan Allah SWT..

Sekian dari saya, catatan ini masih bersambung.. Karena ada banyak yang perlu kita tahu mengenai kehadiran Dajjal di sekitar kita baik yang kita sadari maupun tidak kita sadari secara langsung.. Tapi berhubungan dengan Lebaran, jadi untuk segmen selanjutnya mungkin akan ditunda hingga saya punya kesempatan untuk kembali berbagi ilmu lagi, oke..

Akhir kata, tunggu segmen selanjutnya mengenai tanda-tanda Dajjal yang sudah ada saat ini..

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh..

3 komentar: